Senin, 05 Maret 2012

Sejarah yo-yo

Salam blogger, kali ini saya akan membahas semua tentang salah satu mainan yang sangat populer saat saya masih SD (sekolah dasar), tidak lain dan tidak bukan adalah yo-yo. Yo-yo adalah suatu mainan yang tersusun dari 2 cakram berukuran sama (biasanya terbuat dari plastik atau kayu) 
















yang dihubungkan dengan suatu sumbu, di mana tergulung tali yang digunakan. Satu ujung tali terikat pada sumbu, sedangkan satu ujung lainnya bebas dan biasanya diberi kaitan (biasanya dibuat dari potongan ikat pinggang waktu jaman saya SD dulu). Yo-yo dimainkan dengan mengaitkan ujung bebas tali pada jari tengah, memegang yo-yo dan melemparkannya ke bawah dengan gerakan yang mulus.
 Sewaktu tali terulur pada sumbu, efek giroskopik akan terjadi, yang memberikan waktu untuk melakukan beberapa gerakan. Dengan menggerakkan pergelangan tangan, yo-yo dapat dikembalikan ke tangan pemain, di mana tali akan kembali tergulung dalam celah sumbu. Permainan yo-yo pertama kali dikenal tahun 1920. Banyak ahli percaya bahwa yo-yo bersal dari cina. Tapi dalam perkembangannya, Duncan Palmer yang seorang usahawan memproduksinya pada tahun 1930. Sejak itulah yo-yo semakin populer. Produksi pertama Duncan di namai Duncan O-BOY. Maka sejak saat itulah permainan ini mendunia dan terbukti tidak pernah membosankan. Walaupun secara umum dianggap permainan anak-anak, tidak sedikit orang dewasa yang memiliki kemampuan profesional dalam memainkan yo-yo, contohnya om OKE ROSGANA sampe’ dijuluki master yo-yonya indonesia. 




Dan berikut ini ada beberapa tekhnik dasar bermain yo-yo, contohnya:
  • Putar bawah (slepping), tekhnik dasar bermain yo-yo dengan cara membuat yo-yo berputar pada ujung tali bawah dan diam untuk beberapa saat.
  • Lompatan (looping), tekhnik dimana yo-yo selalu dalam keadaan bergerak atau tak perlu kembali ke tangan pemain untuk di lempr kembali.
  • Off-string, tekhnik ini menggunakan ikatan longgar pada tali yo-yo. Sehingga yo-yo dapat berputar pada sumbunya, kemudian pemain dapat melakukan akrobat dengan yo-yo yang masih berputar, seperti mendarat di tali dan memantul. Jenis yo-yo kupu-kupu paling cocok untuk trik ini karena mempunyai celah yang lebar dan pinggir yo-yo yang tumpul.
Dan berikut ini link dowload video om OKE ROSGANA lagi main yo-yo : http://www.youtube.com/watch?v=NnoMhqZsPWE


Sumber : wikipedia.org
                youtube.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar