Kamis, 14 Juni 2012

WINDOWS 8

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan windows varian baru yang disebut windows 8 yang menjadi penerus windows 7 sejak pertengahan tahun 2011 lalu. Sekarang Windows 8 telah sampai pada tahap beta, yang sebelumnya di edarkan untuk para developer yang diberi nama Windows 8 Developer Preview, sekarang telah pada tahap uji coba untuk konsumen yang diberi nama Windows 8 Consumer Preview. Pada ulasan kali ini akan kita bahas bagaimana kinerja Windows 8 beta yang masih dalam tahap pengembangan sebelum diluncurkan bulan November nanti.
1.  Windows 8 Boot Screen
Tampilan boot windows 8 Consumer Preview terlihat sangat minimalistic dibanding boot yang ada pada windows 7. Yaitu tampilan gambar clipart ikan dan gelembung yang membentuk angka 8, kemudian dibawahnya terdapat putaran simpel yang menunjukkan proses booting.









2. Window 8 Boot Loader
Apabila anda menginstall 2 OS Windows dalam komputer anda, maka sebelum masuk windows 8 Consumer Preview akan dihadapkan pada pilihan apakah akan masuk pada windows 8 Consumer Preview atau windows versi sebelumnya. Namun apabila anda menginstall Windows XP tidak akan terlihat karena dukungan terhadap Windows XP oleh microsoft sudah dicabut tahun kemarin. Pada tampilan boot loader kita akan menemukan tampilan yang berbeda dimana sebelumnya boot loader tampilannya hanya menggunakan keyboard sebagai alat pemilih maka pada windows 8 Consumer Preview sudah bisa menggunakan mouse untuk melakukan pemilihan boot OS yang kita inginkan. Dan juga ada tambahan fitur pengaturan timing untuk seberapa lama boot loader muncul.












3. Windows 8 Login Screen Welcome Screen
Tampilan Login Scren hanya berupa foto avatar kita yang besar dan sebelahnya berupa username dan password.








4. Windows 8 Start Screen
Pada tampilan start screen windows 8 Consumer Preview menggunakan Metro UI yang berbentuk tile. Dibagian atas ketika kita klik nama profile kita, akan terdapat pilihan lock, log off, maupun menambah user. Pada windows 8 Consumer Preview kita tidak mendapat hak akses penuh untuk memodifikasi tampilan dari Metro UI, namun kita masih dikasih hak untuk mengganti warna background. Pada windows 8 Consumer Preview kita tidak bisa menutup aplikasi Metro UI secara langsung menggunakan tanda silang seperti pada windows-windows sebelumnya, namun kita harus mengarahkan mouse keatas sampai membentuk genggaman tangan kemudian menariknya kebawah.


5. Windows 8 Desktop
Untuk mengakses tampilan desktop windows seperti biasanya kita dapat mengklik tile Desktop pada tampilan Metro UI. Ketika kita masuk pada tampilan windows 7 kita tidak akan menemukan tombol windows di pojok kiri bawah namun diganti dengan tampilan kecil thumbnail ketika kita arahkan ke pojok kiri bawah. Ketika kita klik kiri akan kembali ke tampilan Metro UI dan ketika klik kanan akan muncul tampilan quick access menu. Ketika kita arahkan mouse ke pojok kanan atas akan muncul tampilan sidebar di sebelah kanan yang terdiri dari pilihan search, share, stat, devices, dan settings.









6. Windows 8 Explorer
windows 8 Consumer Preview masih memakai tampilan explorer sama seperti windows 7 namun hanya perubahan tampilan menu yang dibuat hampir seperti microsoft office 2010. Jika kita tidak suka tampilan tersebut kita bisa merubahnya menjadi tampilan standar seperti biasa. Untuk system copy atau move di windows 8 Consumer Preview telah ditambahkan tool untuk pause dan resume serta tampilan seperti sebuah grafik.










7. Aero Lite Windows 8
Untuk windows 8 Consumer Preview masih menggunakan tema aero, dan apabila komputer kita tidak mensupport untuk tampilan aero kita masih bisa menikmati tampilan aero namun yang versi lite yang tidak jauh beda seperti tampilan windows 7 starter.

8. Windows 8 Task Manager
Untuk tampilan Windows Task Manager telah ditambahkan tabs-tabs baru seperti App history dan Startup, serta penambahan pilihan restart untuk Windows Explorer ketika kita klik kanan proses Windows Explorer.










9. Windows 8 Lock Screen
Tampilan Lock Screen hampir bisa dikatakan mirip dengan tampilan lockscreen untuk smartphone. Disana kita tidak akan menjumpai lagi user kita, namun telah diganti dengan tanggalan, jam, status jaringan, dan battery.










10. Windows 8 Metro Control Panel
Fungsi-fungsi yang kurang penting pada versi windows sebelumnya telah tidak di aktifkan lagi pada Windows 8. Serta tampilan control panel yang lama sudah lama tidak akan kita temui lagi, dan kali ini windows memodifikasi tampilan Control Panel mirip seperti yang ada di Smartphone.








11. Tambahan Fitur File History di Windows 8
Apabila kita tanpa sengaja menghapus file penting kita, kita dapat mengembalikannya menggunakan fitur baru yaitu File History.









12. Windows 8 Recovery
Inilah fitur andalan yang ada di Windows 8, pada Windows 8 apabila terjadi kekacauan program atau kinerja windows 8 kurang mantap, kita dapat melakukan install ulang tanpa perlu disc lagi. Terdapat 2 pilihan yaitu apakah kita Refresh (reload windows 8 tanpa menghapus file foto, musik, dll) atau kita Reset (mengembalikan seperti keadaan kita baru install ulang windows 8 dengan menghapus file-file kita).









13. Tampilan Baru Blue Screen Death (BSOD)
Untuk BSOD windows sekarang telah merubah tampilannya, yaitu dengan tampilan yang funny, yaitu tampilan emotion yang sedih serta tulisan dibawahnya "Your PC ran Into a Problem That It Couldn't Handle, And Now It Needs To Restart".










Dari kesimpulan diatas sepertinya pihak Microsoft benar-benar melakukan perubahan yang besar untuk meluncurkan suatu OS yang bagus dan interface. Bagi anda yang ingin mencoba windows 8 Consumer Preview dapat anda download di link berikut ini:

http://windows.microsoft.com/en-US/windows-8/iso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar