Selasa, 13 Maret 2012

Mainan Ramah Lingkungan


Salam blogger, mainan memang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Tapi apakah para orang tua sudah yakin kalau mainan yang diberikan kepada ana-anak mereka itu aman untuk digunakan. Akhir-akhir ini banyak sekali mainan yang terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya, karena hal inilah mainan ramah lingkungan semakin populer dari tahun ke tahun. Beberapa perusahaan khusus membuat eco-friendly toys berusaha menggerakkan lebih banyak dalam gerakan penghijauan di seluruh dunia. Sementara ini ada produsen mainan independen telah memimpin dan berusaha menarik perhatian untuk menumbuhkan keinginan orang tua kepada mainan ramah lingkungan yang alami dari bahan-bahan organik. Mainan ramah lingkungan adalah mainan yang secara sempurna telah menyatu ke dalam "reduce, reuse, recycle" ("mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang") prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Umumnya, produsen menghemat bahan bakar, mengurangi gas rumah kaca, dan tetap menggunakan bahan-bahan dari lokasi terdekat.
















Untuk itu, mainan ramah lingkungan juga biasanya terbuat dari bahan-bahan sebagai berikut:


1. Kayu pohon karet - Dari pohon-pohon yang memproduksi getah karet diseluruh dunia, rubberwood sebenarnya bahan yang kuat yang merupakan sisa dari industri karet. Pada satu waktu, pohon akan dibakar selain dengan cara dipotong setelah berhentikan memproduksi getah setelah 25-30 tahun. Saat ini, rubberwood digunakan oleh para pengrajin mainan untuk membuat mainan dengan keindahan dan ketahanan yang luar biasa.

2. Bambu - Digunakan berabad-abad di Cina untuk membangun rumah, perahu dan mebel, bambu adalah rumput yang mudah tumbuh, tinggi seperti pohon, yang tetap tumbuh dalam tiga tahun dan sangat ringan, fleksibel dan kuat cocok untuk bahan pembuatan mainan anak-anak.

3. Kapas organik - Karena kapas tradisional hasil pertanian yang paling banyak dalam penggunaan pestisida dari pada tanaman lain, memilih mainan mahal atau boneka yang terbuat dari kapas organik jauh mengurangi jumlah pestisida yang terkandung didalam air.

4. Bahan-bahan daur ulang - Mainan yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang umumnya berkisar antara satu set mainan luar ruangan dari struktural plastik ke mainan mewah yang terbuat dari benang daur ulang dan produk-produk lainnya yg dikeringkan.

Kesadaran kesehatan masa kini telah menimbulkan pendapat keras dari masyarakat terhadap penggunaan cat berkadar timbal yang berbahaya atau yang dicurigai plastik berbahaya. Phthalates atau BPA, diduga berefek merugikan bagi anak anak.

Sumber :
http://mainanramahlingkungan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar