Kamis, 15 Maret 2012

ORIGAMI


Salam blogger, kertas biasanya digunakan untuk keperluan tulis menulis saja, tapi oleh orang jepang kertas digunakan untuk seni bermain ORIGAMI. 










Origami ditemukan oleh orang jepang yang bernama Akira Yoshizawa yang lahir pada tanggal 14 maret 1911. Hingga saat ini beliau telah membuat lebih dari 50.000 model yang beberapa ratus model sudah di abadikan di dalam 18 buku.
Beliau meninggal pada tanggal 14 maret 2005 akibat komplikasi pneumonia. Dan tepat pada tanggal 14 maret 2012 google.com mendesain google doodles dengan tampilan seni origami untuk memperingati sang penemu origami yang ke 101 tahun.











Di tahun 1983, pada masa pemerintahan Kaisar Hirohito, beliau mandapatkan gelar Order of the Rising Sun, sebuah penghargaan tertinggi untuk seorang warga negara jepang. Beliau merupakan pelopor berbagai tekhnik origami, salah satunya wet-folding atau melipat kertas dalam keadaan basah. Dalam tekhnik ini kertas dibasahi terlebih dahulu sebelum di pakai agar menciptakan tampilan yang lebih bulat dan tampak seperti di pahat. Dan hal ini di anggap oleh banyak orang sebagai awal pergeseran paradigma origamimenjadi sebuah karya seni, dari sebelumnya yang hanya di anggap sebagai kerajinan rakyat kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar