Sabtu, 03 Maret 2012

Tutorial rubik cube 3x3 (Tahap 1)


Salam blogger dan rubikers, kali ini saya akan mencoba untuk mengulas urutan cara menyelesaikan rubik cube 3x3. Untuk menyelesaikan rubik cube 3X3  ada urutan langkah dan beberapa rumus. Dan yang pertama adalah pahami bagian-bagian dari rubik cube 3x3, dan bagiannya hanya ada 3 antara lain :

1.Bagian tepi: bagian yang memiliki 2 (dua) warna dn terletak di baris tengah kubus, dan semua jumlahnya ada 12 (dua belas) bagian.
2. Bagian sudut : bagian yang memiliki 3 (tiga) warna dan terletak di bagian sudut kubus, dam jumlahnya ada 8 (delapan) bagian.
3. Bagian tengah : bagian yang hnya memiliki 1 (satu) warna dan erletek di pusat setiap sisi kubus. Bagian ini tidak dapat di gerakkan dan mewakili warna dari setiap sisi kubus (kuning, hitam, biru, hijau, merah, orange), biasanya warna kuning ada yang diganti dengan warna putih tergatung dengan merk dari rubik itu sendiri.

NB : warna pada bagian tengah selalu berhadapan, misal (kuning-hitam,biru-hijau,merah-orange).



Dan ada beberapa istilah untuk rubik atau biasa disebut dengan rumus, tapi ini masih rumus dasarnya saja dan masih ada lagi rumus yang selanjutnya :
R = Permukaan bagian kanan (sisi kanan  kubus).
L = Permukaan bagian kiri (sisi kiri kubus).
U = Permukaan bagian atas (sisi atas kubus).
D = Permukaan bagian bawah (sisi bawah kubus).
F = Permukaan bagian depan (sisi depan kubus).
B = Perukaan bagian balakang (sisi belakang kubus).




NB = Ada satu lagi rumus yang sangat penting sekali, hurufnya “i” atau biasanya disebut dengan “aksen”. Artinya kebalikan dari arah dasar dari semua rumus awal yang tadi.

Sekisan dulu dari saya, tutorial yang selanjutnya akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya, Salam rubikers.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar