Selasa, 08 Mei 2012

Pahala Sebelum Tidur


Salah satu di antaranya adalah ketika seorang muslim hendak tidur, Allah dan Rasul-nya telah mengajarkan banyak amalan ringan sebelu tidur yang apabila amalan tersebut di lakukan akan bernilai pahala di sisi Allah. Berikut akan di bawakan beberapa amalan yang bisa di lakukan oleh seorang muslim ketika hendak tidur :
  • Menutup Pintu, Memadamkan Api (Lampu), dan Menutup Bejana

Dianjurkan bagi seorang muslim untuk menutup pintu, memadamkan api (lampu), dan menutup bejana yang ada di rumahnya sebelu tidur. Hal ini berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh sahabat jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah ‘alaihi wa sallam bersabda, “Padamkan lampu di malam hari apabila kamu hendak tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman.”(HR Bukhori-Muslim).
  • Berwudhu

Anjuran untuk berwudhu sebelum tidur di jelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Al Baro’ bin ‘Azib bahwasanya Nabi shallallahu ‘wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidur maka berwudhulah seperti wudhu untuk sholat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu”(HR. Bukhari dan Muslim.)
  • Membersihkan Tempat Tidur

Dianjurkan pula untuk mengibaskan kain pada tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring. Anjuran ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:  “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya...”.
  • Berbaring pada Bgian Kanan Badan

Posisi awal yang di anjurkan ketika tidur adalah menumpukkan badan pada bagian kanan badan dan menjadikan tangan kanan sebagai bantal untuk kepala. Hal ini berdasarkan hadist yang telah di bawakan di atasnya, bahwasanya Nabi shallalluhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidur maka berwudhulah seperti wudhu untuk sholat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu”(HR. Bukhari dan Muslim.)
  • Membaca Beberapa Surat dan Do’a

Ada bebrapa surat/ayat yang di anjurkan menjelang tidur, di antaranya:
Al-Ikhlas, An-Naas, Al-Falaq, Al- Kafirun, Al-Mulk, Al-Sajdah, dan tentunya do’a sebelum tidur: “Bismikaallahumma ahyaa wa bismika wa amuutu” (HR.Bukhari).
  • Menjauhi Hal-hal Makruh

Ada beberapa hal yang menyebabkan tidur menjadi makruh, di antaranya:
Makruh tidur di atas terbuka.
Makruh tidur dalam posisi telungkup (perut sebagai tumpuan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar